Marketing MIX
Merupakan kombinasi variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran, variabel mana dapat dikendalikan oleh perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen dalam sasarannya.
[1]
Marketing MIX terdiri dari :

  • Product (barang atau jasa) : Barang atau jasa yang ditawarkan oleh konsumen perencanaan, pengembangan, pengolahan produk termasuk didalamnya untuk mengembangkan pemasaran terhadap produk tersebut.
  1. Perencanaan seperti : produk apa yang akan ditampilkan. bagaimana ukuran dan warna, bentk pembungkusnya,dll.
  2. Pengembangan : suatu produk berupa design packaging serta menentukan merek sesuai dengan citra produk tersebutt.
  3. Pengolahan : suatu produk berupa penggunaan dan pengerjaan barang yang menggunakan kualitas tertentu sesuai dengan permintaan pasar.
  • Price (Harga ) : setiap perusahaan dapat menetapkan harga yang tepat, dalam arti dapat memberikan keuntungan paling baik, baik jangka pendek atau panjang. Harga sudah harus mencakup biaya produksi distribusi dan promosi serta laba perusahaan. Harga akan mendukung citra sebuah produk untuk merebut hati para konsumen.

 

 

 

  • Place (tempat atau distribusi)

Ada beberapa unsur yaitu :

  1. Saluran distribusi
  2. Jangkauan distribusi
  3. penyediaan barang
  4. Lokasi transportasi

1. Product 

  1. produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan di pasar untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Produk terdiri atas barang, jasa, pengalaman, events, orang, tempat, kepemilikan, organisasi, informasi dan ide.

2. Price 

  1. Harga merupakan unsur terpenting dalam bauran pemasaran setelah produk dan merupakan satu-satunya unsur dalam bauran pemasaran yang menghasilkan pendapatan penjualan sedangkan unsur-unsur lainnya merupakan biaya saja. Keputusan-keputusan mengenai harga mencakup tingkat harga, potongan harga, keringanan, periode pemasaran, dan rencana iklan yang dibuat oleh produsen.

3. Place

  1. Sebelum produsen memasarkan produknya, maka sudah ada perencanaan tentang pola distribusi yang akan dilakukan. Disini penting sekali perantara dan pemilihan saluran distribusinya. Perantara ialah sangat penting karena dalam segala hal, mereka lah yang berhubungan langsung dengan konsumen.

4. Promotion

  1. Promosi pada dasarnya adalah bentuk komunikasi pemasaran. Promosi meliputi semua kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan produknya kepada pasar sasaran.

Empat elemen marketing mix

  • Product adalah Barang / Jasa yang ditawarkan
  • Promotion adalah kegiatan untuk mendorong konsumen agar membeli barang
  • Place adalah saluran yang digunakan oleh Produsen untuk menyalurakan Produk sampai ke Konsumen.
  • Price adalah Kompensasi yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi barang / jasa.

 

Empat elemen promotion mix

  • Personal Selling (Penjualan Personal). Adalah kontak face to faceantara pemasar dengan calon konsumen. Tujuannya adalah mendorong pembelian segera maupun pembelian ulang (immediate and repeat sales). Tekniknya bisa melalui penjualan langsung di lapangan oleh sales (field sales), peragaan di toko oleh pelayan toko (assistance at an outlet / retail selling), atau penjualan langsung door to door. Personal selling ini penting untuk produk yang memerlukan penjelasan detil, peragaan dan perbaikan / servis.
  • Sales Promotion (Promosi Penjualan). Adalah insentif tambahan untuk merangsang pembelian segera, menawarkan keuntungan tambahan dari luar produk itusendiri,biasanya untuk menggenjot penjualan. Efektif untuk mengenalkan produk baru. Meliputi potongan harga, sampel produk, pemberian kupon undian berhadiah, beli satu dapat 2, beli rumah dapat mobil dan lain-lain.
  • Public Relation (PR / Humas). Aktivitas-aktivitas yang dimaksudkan untuk meningkatkan citra produk/perusahaan dalam rangka menciptakan hubungan yang baik (goodwill). Teknik yang dipakai adalah publicity (bentuk promosi yang lebih didasari pada kandungan nilai berita (news value) yang bermakna tentang suatu produk), press release atau press conference, dimana pengiklan mengharap media mau memuat cerita / artikel / kolom tentang keunggulan produk / jasanya, tanpa harus membayar dengan tarif pasti. Bisa juga dengan pensponsoran acara, open house, tour lapangan (plant tour), pemberian donasi / sumbangan, dan special event lainnya.

Advertising (periklanan), merupakan penyebaran informasi mengenai suatu gagasan, barang, atau jasa untuk membujuk orang agar berfikir, bersikap, atau bertindak sesuai dengan keinginan pengiklan. Merupakan bentuk promosi yang lebih banyak didasarkan pada penonjolan-penonjolan kelebihan produk (product benefit). Memiliki kemampuan kecil untuk menciptakan perubahan sikap atau pembelian segera pada khalayak.[2]

Definisi Bauran Pemasaran (marketing mix)

Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam memenuhi target pasarnya.

Contoh marketing mix

pemasaran informasi (perpustakaan) yang ada di stasiun kereta api simpang haru padang

product

Disini product yang kami publikasikan kepada masyarakat yang ada di stasiun kereta api simpang haru adalah buku viksi dan non viksi. Dikarenakan setiap orang yang berada di stasiun kereta api tersebut, terdiri dari semua golongan baik dari tingkat golongan atas, menengah dan bawah. Dan disini kami juga menyediakan fasilitas wifi untuk para pengunjung yang menginginkan informasi terbaru. dan disini kami juga menyediakan pelayanan peminjaman bagi yang sudah membaca (kasir)  yang berguna untuk mempermudah para pengunjung perpustakaan.

Price

Disini yang dimaksud dengan harga bukanlah berapa harga dari buku tersebut, melainkan sistim yang dipakai untuk pengembalian buku tersebut, disini kami memberikan tagihan kepada para pembaca masing masing buku mempunyai tagihan yang berbeda. dan buku yang dibaca tidak bisa dibawa pulang hanya bisa dibaca di perpustakaan tersebut saja.

  • untuk buku viksi Rp. 2000,-
  • untuk buku non fiksi Rp. 1500,-
  • sedangkan tarif pemakaian wifi selama sejam dikenakan biaya sebesar Rp. 3000,-

Place

Disini tempat perpustakaan yang ada di stasiun kereta api simpang haru berada di sebelah loby, dikarenakan agar para penumpang kereta api yang sedang menunggu diloby langsung tertarik hatinya untuk masuk ke perpustakaan agar dapat pengetahuan yang lebih dari pada hanya menunggu kedatangan kereta api tersebut tanpa adanya pengetahuan yang baru.

Promotion

disini bentuk promosi yang kami lakukan adalah dengan memasang spanduk yang besar agar orang mengetahui bahwa di stasiun kereta api simpang haru ada perpustakaannya. Dan di spanduk kami beritulisan “ Hanya orang yang ingin tetap menjadi miskinlah yang tidak mau membaca buku.” hehehe walaupun sedikit kasar tapi disini berguna untuk menarik perhatian penumpang kereta api  agar mau mengisi waktu kosong selama menunggu kedatangan kereta api untuk mau membaca buku yang ada diperpustakaan kami. Dan kami juga member selembaran kepada orang yang berada di stasiun tersebut agar orang yang diberikan selembaran yang berisi informasi perpustakaan kami bisa disebarkan lagi kepada orang lain.

 

 

Abstrak

Agar produk yang kita pasarkan tertarik oleh user, cara mudah yang harus diperhatikan adalah dengan 4p yaitu place, price, promotion dan product yang berguna untuk barang yang kita pasarkan dapat dipakai konsumen. dengan menggunakan 4p tersebut otomatis kita sudah menjalankan kunci sukses dalam melakukan kegiatan pemasaran.

kata kunci

place, promotion, product, price

 


[1] Kartajaya, Hermawan. 2006, Seri 9 Elemen Marketing: Hermawan Kartajaya on

  Marketing Mix, Mizan Pustaka, Bandung.

 

[2] Bradley, Frank. 2003, Strategic Marketing: in the customer driven organization,

Wiley.

About these ads